Ron Finley

Ron FinleyRon Finley adalah perancang busana yang berbasis di Los Angeles untuk atlet profesional, kolektor poster blaxploitation asli , dan pendukung taman kota. Ia dikenal karena memberikan ceramah TED yang dilihat secara luas tentang berkebun gerilya .

Finley memulai karirnya dengan menciptakan koleksi pertamanya yang disebut Dropdead Collexion di garasinya sendiri. Itu akhirnya menjadi populer dengan toko-toko umum dan kelas atas seperti Saks Fifth Avenue , Nordstroms , dan Neiman Marcus . Selebriti segera menjadi tertarik pada ide dan desain aslinya. Ron Finley juga mengumpulkan memorabilia hiburan Hitam yang memungkinkannya memiliki koleksi pelestarian sejarahnya sendiri. Koleksinya termasuk poster film yang memungkinkan penonton untuk melihat perkembangan orang kulit hitam di industri film.

Koleksi poster Finley ditampilkan dalam buku Miramax tentang era, What It Is, What It Was .

Pada 2010, Finley menggali sebidang tanah antara rumahnya dan jalan dan mulai menanam buah-buahan dan sayuran. Itu ilegal untuk menanam ini di tanah antara trotoar dan trotoar, tetapi dia meminta kota Los Angeles untuk mengubah hukum. “Pedoman Lansekap Taman Perumahan” diubah untuk mengakhiri denda untuk kebun sayur di dalam strip yang dimiliki oleh kota.

Pada awal 2013, Finley memberikan ceramah TED tentang kemajuannya sebagai ” tukang kebun gerilya ,” bahaya gurun makanan , dan potensi programnya untuk meningkatkan kualitas hidup. Dia berkata dalam ceramah, “Jika anak-anak menanam kangkung , anak-anak makan kangkung; jika mereka menanam tomat, mereka makan tomat.” Pembicaraan tersebut telah dilihat lebih dari tiga juta kali di situs web TED, dan menarik perhatian dari banyak selebriti dan proposal kolaborasi dari perusahaan.

Setelah ceramah TED-nya, Finley mengembangkan fasilitas pelatihan berkebun dengan nama The Ron Finley Project di South Central Los Angeles . Upaya berkebun gerilyanya hanya berhasil membujuk pejabat kota untuk bekerja sama, tetapi tetap secara resmi ilegal di bawah kode kota. Pada tahun 2016, Proyek Ron Finley diberitahu bahwa mereka harus membeli properti yang menampung taman mereka seharga $500.000, atau akan ditutup. Kampanye penggalangan dana pun terjadi. Kampanye ini mendapat perhatian dari perusahaan makanan alami , dan target awal $500.000 terlampaui.

Finley telah muncul di beberapa film dokumenter tentang pertanian perkotaan, termasuk Urban Fruit dan Can You Dig This .

Finley menyebut dirinya sebagai “tukang kebun gangsta”, menjelaskan, “Berkebun adalah gangsta. Narkoba, perampokan—itu bukan gangsta. Membangun komunitas—itu gangsta. Saya mengubah bahasa sehari-hari.”

Finley adalah guru di Masterclass yang diadakan pada Hari Bumi 2020, 22 April. Di tengah pandemi virus corona, kelasnya untuk makanan yang ditanam di rumah adalah “salah satu yang paling populer” menurut David Schrieber, kepala pemasaran untuk Kelas master.

Ron Finley menciptakan awalnya mulai berkebun untuk mengurangi efek dari apartheid makanan di lingkungan sendiri, mendorong kebiasaan makan yang sehat, dan mempercantik tanah. Finley mendorong orang-orang dari semua latar belakang – bukan hanya orang miskin – untuk menanam makanan mereka sendiri. Dia adalah seorang “ecolutionary — seseorang yang memberi dukungan — tentang planet ini dan berjuang untuk itu.” Ia percaya bahwa “kesehatan bukan hanya apa yang Anda makan. Itu adalah apa yang Anda lihat, apa yang Anda cium, apa yang Anda rasakan.”

webmaster

Back to top